Kamis, 27 Mei 2010

DOKTRIN UTAMA GERAKAN KHARISMATIK

DOKTRIN UTAMA GERAKAN KARISMATIK

Gerakan Karismatik mendasarkan doktrin mereka pada Alkitab yang berkuasa dan tanpa salah.
Kredonya adalah Kristus; Pernyataan Imannya adalah seluruh Firman Allah; persatuannya berdasar Kasih Allah dan persekutuan di dalam Roh Kudus. Lebih khusus mereka menerima ajaran rasul-rasul dan mempraktekkan lima doktrin Kristus yang telah dipulihkan: Iman Pertobatan-Baptisan Air-Baptisan Roh Kudus-Kesembuhan Ilahi dan Penumpangan Tangan.
Cara beribadah termasuk seluruh manifestasi dan pengalaman rohani yang telah dipulihkan dalam gereja.
Oleh karena gerakan Karismatik ini adalah himpunan prang percaya dari pelbagai gereja maka doktrin dan pengalaman rohani merupakan gabungan dari seluruh kebenaran pemulihan. Dan hal itu dititikberatkan pada keseimbangan antara bentuk ekstrim yang terjadi. Tiap-tiap kebenaran yang dipulihkan memproduksi aliran atau mashab-mashab. Kebenaran tersebut laksana ayunan lonceng pada jam dinding yang bisa berayun ekstrim ke kiri maupun ke.kanan. Gerakan Karismatik ini mencoba menarik keseimbangannya. Pembenaran oleh Iman, ayunan lonceng kebenaran ini berayun dari satu ekstrim Keselamatan melalui perbuatan ke ekstrim yang lain yaitu Keselamatan hanya oleh Iman semata-mata dan tidak ada keselamatan melalui perbuatan. Gerakan ini mengambil satu keseimbangan di tengah. Mereka dapat dibenarkan oleh iman, dan dapat pula menunjukkan iman mereka dengan perbuatan-perbuatan ketaatan kepada Allah. Terdapat juga ekstrim Teologi Calvinisme dan Armenianisme. Mereka mengambil keseimbangan antara dua ekstrim tersebut.
Baptisan Air. Ada yang mengajarkan bahwa seseorang tidak akan diselamatkan kalau tidak dibaptiskan dengan cara selam (Immerse). Tetapi ada juga yang meremehkan baptisan air tersebut. Ada yang mengajarkan bahwa bayi dapat menerima seluruh berkat-berkat Kristiani melalui baptisan air. Sebaliknya ada juga yang mengajar bahwa bayi tidak akan menerima apa-apa dari Tuhan sampai ia berumur 12 tahun. Gerakan Karismatik mengembangkan satu keseimbangan yang fleksibel diantara ekstrim-ekstrim ini.

Sanktifikasi (Penyucian) dan Kesempurnaan (Perfectionisme)
Terdapat ekstrim antara legalisme dan kebebasan. Legalist percaya bahwa seluruh olah raga, hiburan dan model-model terakhir adalah berdosa bagi orang Kristen. Grup kebebasan mengatakan bahwa anugerah memberikan ijin untuk segala sesuatu. Dan mengatakan bahwa "bagi orang yang murni, segala sesuatu adalah murni".
Sanktifikasi juga mempunyai ekstrim yaitu antara satu pengalaman penyucian kekal dengan perlunya penyucian setiap hari. Ajaran kesempurnaan juga mempunyai ekstrim. Satu berpendapat bahwa orang Kristen tidak bisa berdosa, sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa orang Kristen berdosa. Gerakan Karismatik mencoba mempertahankan keseimbangannya.

Kedatangan Yesus Kedua Kali
Ada yang percaya Kristus akan datang dalam bentuk tubuh kelihatan dengan segera (Imminent). Mereka menentukan hari kedatanganNya dengan menggunakan bukti kejadian/bencana yang terjadi di dunia sebagai bukti. Ada yang tidak percaya kedatangan Tuhan secara Literal. Juga ada kontroversi Eskatologi yang besar antara PREMILLENIALISME (Tuhan datang sebelum masa 1000 tahun damai); POST MILLENIALISME (sesudah Millenium) dan AMILLENIALISME (Masa Millenium/1000 tahun damai sudah berlaku sekarang). Penganut paham Premillenialisme menganut paham "Rapture" pengangkatan gereja berbeda-beda Pretribulasi, Midtribulasi dan Posttribulasi.


Iman Kesembuhan Ilahi
Kontroversi Teologi mempertanyakan apakah bilur-bilur Yesus dapat menyediakan kesembuhan untuk tubuh manusia sama seperti kematianNya di atas kayu salib memberikan pengampunan dosa? Dengan kata lain apakah kesembuhan fisik itu termasuk dalam karya penebusan Kristus Yesus? Mereka yang menerima ajaran tersebut di atas menganut pandangan berbeda: Ada yang percaya bahwa imanlah satu-satunya syarat bagi penyembuhan tubuh. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa tidaklah berdosa kalau sakit, sebab Allah bermaksud memurnikan. umatNya melalui penderitaan tersebut.

Baptisan Roh Kudus dan Bahasa Lidah
Problema Teologi disini adalah apakah "Bahasa Asing" adalah satu-satunya bukti Alkitabiah yang kuat bagi seseorang menerima Roh Kudus. Diantaranya terjadi pada orang-orang Pantekosta. Pandangan mereka terbagi dua grup; sebagian percaya bahwa seseorang baru selamat apabila ia sudah berkata-kata dalam bahasa lidah. Sebagian lagi percaya bahwa ada beberapa bukti yang berbeda (Seperti pernyataan Gerakan Holiness) dari baptisan Roh Kudus selain bahasa roh. Juga ada keekstriman dalam konsep ke-Allah-an antara "Yesus Only" dan Tritheisme serta nama yang tepat bagi formula Baptisan Air. Gerakan Karismatik mengambil jalan di tengah (keseimbangan). (Synan 1975)

Penumpangan Tangan dan Nubuatan
Isu apakah pelayan-pelayan Injil yang dipenuhi Roh Suci mempunyai hak dan kuasa mengimpartasikan karunia-karunia Roh dalam orang percaya: Apakah nubuatan pribadi oleh nabi-nabi dan hamba-hamba Tuhan dapat digunakan menyatakan panggilan dan pelayanan anggota-anggota dalam Tubuh Kristus, ayunan kebenaran ini telah jauh berayun ke kanan dan ke kiri, sebelum menjadi seimbang di tengah. Beberapa hamba Tuhan mengijinkan nubuatan bagi rasul dan nabi tertentu. Sementara yang lain mengijinkan setiap orang percaya di setiap waktu, tanpa supervisi bernubuat. (Buggess DPCM 536 ;Hamon 244)


Pujian dan Penyembahan
Perbedaan di dalam penekanan Alkitabiah adalah hal apakah semua orang percaya harus bersorak dan menyanyikan pujian dalam ibadah, ataukah hanya pelayanan pujian yang harus memainkan peran banyak atau sedikit dalam kebaktian gereja. Ada yang percaya perkumpulan bersama-sama orang percaya hanya untuk menyembah Allah dan menyempurnakan satu sama lain dalam Kristus. Tetapi juga ada yang percaya keseluruhan peran gereja adalah menginjili dunia dan sangat sedikit waktu diberikan untuk pujian dan penyembahan. Gerakan Karismatik mengambil keseimbangan kedua-duanya.

Demonologi (doktrin tentang setan dan roh-roh jahat)
Salah satu dari pertentangan pertama-tama dalam gerakan Karismatik adalah mengenai hubungan roh-roh jahat (demon) terhadap orang Kristen. Isu pada waktu itu adalah apakah seorang Kristen yang telah lahir baru, setelah dibaptiskan dengan Roh Kudus dapat dipengaruhi oleh roh jahat dalam hidupnya atau tidak. Kontroversi juga terjadi antara mereka yang mengajarkan bahwa setiap pikiran/tindakan negatif adalah satu roh jahat. Jadi perlu dikeluarkan melalui kuasa darah Yesus. Ada yang mempertahankan, sebab seseorang telah ditutupi dosanya satu kali untuk selamanya. Dan iblis tak dapat menyeberangi batas garis darah.
Kasus kedua, orang Kristen bisa imun (kebal) dari setiap aktivitas roh jahat di dalam hidup atau tubuhnya. Pada pertengahan tahun 1970-an kebanyakan gerakan Karismatik telah menjalankan suatu doktrin seimbang mengenai pokok ini. ( Lester.Sumrall, 1983.17; Josh MC Dowel Today Occultism, 1981 )



Pemuridan dan Struktur Gereja
Roh Kudus sedang mempersiapkan gereja untuk pertumbuhan yang pesat. Banyak gereja-gereja di Amerika Latin dan di Asia mengembangkan satu konsep satu gereja besar dengan sejumlah pertemuan Cell Group dalam rumah anggota gereja. Roh Kudus membawa satu penghargaan antar hamba Tuhan dan ketaatan satu sama lain. Roh Kudus memulihkan pemerintahan Teokrasi dalam gereja Garis Komando (Chain of Command) yang tepat. Terjadi satu pemulihan dalam kehidupan keluarga. Hamba-hamba Tuhan menjalankan prioritas yang besar, yaitu: pertama mengutamakan Allah lebih dari segala-galanya; kedua, isteri dan keluarga dan ketiga, pelayanan.
Akan tetapi bila ayunan lonceng kebenaran berayun, Sebagian orang ditekan ke dalam suatu ekstrim. Sebagian mengajarkan dan mengembangkan gaya kepemimpinan Kristen secara "Pyramidal; gembala menjadi pemimpin yang sangat berkuasa kepada orang-orang di bawahnya. Seluruh wanita Kristen dalam pelayanan harus ada yang mendampinginya menurut peraturan Ilahi.
Semua keputusan harus dibuat oleh pemimpin, termasuk aktivitas anggota pribadi tiap hari. Sebagian grup terjebak dalam satu sistim yang lain dalam menjalankan Struktur gereja. Dari gaya kepemimpinan tunggal diganti dengan gaya kepemimpinan "Ketua-ketua jamak" (Coeldership). Sebagian tidak lagi mengadakan kebaktian minggu dalam jumlah kongregasi besar, malah membaginya dalam pertemuan Cell grup kecil di rumah-rumah.
Munculnya Gerakan Yesus (Yesus Movement) yang terdiri dari anak-anak muda yang memberontak terhadap sistim kemasyarakatan (kaum Hippies). Mereka cenderung menentang struktur gereja. Mereka keluar dari gereja oleh karena tidak suka tradisi ritualnya.
Sebelum akhir dekade 1980 an kebanyakan Gereja Karismatik non denominasi telah mengembangkan satu keseimbangan dari doktrin Pemuridan (Discipleship), Penggembalaan (Pastoral), kehidupan keluarga (Family Relation) dan Stuktur Gereja. (Derek Prince, 1975 :Edward Murphy 1992. 102 Juan Ortiz, Discipleship 1990)

Berita Iman dan Kelimpahan (Faith and Prosperity Message)
Selama bertahun-tahun Allah mencoba membebaskan gereja dari ajaran bahwa Kerohanian dan kemiskinan adalah sinonim. Praktek Monastikisme dan Asketikisme yang berkembang pada zaman kegelapan masih mempengaruhi gereja. Masih ada aliran kesucian, Pantekosta dan Hujan Akhir yang mempercayai bahwa orang-orang yang mempunyai kekayaan adalah karnal dan duniawi, juga hiburan dan kesenangan modern. (Enklaar, 1970. 99)
Oral Robert adalah seorang terkemuka yang mempromosikan ide bahwa Allah itu baik dan menginginkan orang Kristen hidup kaya dan berlimpah, sama seperti jiwanya selamat sentosa adanya. II Yohanes ayat 2. Pada tahun 1970-an kebenaran ini dipraktekkan meluas dan menjadi kontroversi di dalam gereja-gereja di seluruh dunia. (Oral Robert 1979.46)
Ajaran kemenangan, kelimpahan, kesehatan jasmani dan rohani datang dari tiga kubu yang berbeda:
- Pelayanan Oral Roberts, mengajarkan "Prinsip Benih Iman" menabur dan menuai, menabur materi dan akan menuai materi juga. (Oral Robert 1979.46
- Pelayanan Robert Schuller yang mengajarkan prinsip "Kehidupan Positif dan sukses”, ( Positive Thinking ), dan juga ajaran Dimensi keempatnya Yonggi Cho. (Robert Schuler, 1990)
- Group hamba hamba Tuhan yang menamakan diri (Prosperity Preachers) atau "Berita Iman" "Umat-umat Firman". Beberapa dari mereka seperti: Keneth Hagin, Keneth Copeland, Hobart freeman , Buddy Harisson.dan lain lain

Roh Kudus berusaha membawa tubuh Kristus kepada suatu dimensi iman dan wahyu kebenaran yang baru. Akan tetapi setelah kebenaran tersebut terwujud, banyak grup terpaku pada keekstriman ayunan lonceng kebenaran.
Sebagian kelompok mengajarkan bahwa setiap orang Kristen yang tidak kaya dan tidak sehat adalah orang yang tidak beriman, atau hubungannya dengan Allah tidak beres. Mereka mengajarkan bahwa seluruh percobaan dan ujian adalah berasal dari iblis semata-mata. Allah tidak akan menguji/mencobai orang benar. Apabila Anda tidak mengalami mujizat setiap hari, dan, merasakan kelimpahan berkat, Anda bukanlah orang beriman. ( Herlianto, Theologia Kemakmuran, 1992. 69)
Sebagian kelompok yang lain jatuh pada ekstrim pernyataan pengakuan positif (what you say, you get it). Pernyataan ini hampir sama dengan doktrin golongan "Christian Science". , (Don Gosset ”You Get What You Say”1975)
Sebagian pula berayun pada pihak oposisi yang menyatakan bahwa orang percaya tidak berkuasa atas kehidupan mereka. Mereka harus menerima apapun yang datang ke dalam hidup mereka sebagai kehendak Allah. Kemiskinan dan kesakitan dipakai Allah untuk menyempurnakan orang¬ orang percaya, oleh sebab itu kesakitan dan kemelaratan harus dipikul dengan rasa syukur.
Juga kontroversi lama di masa gerakan Kesembuhan Ilahi abad ke 19 muncul lagi diantara gerakan Karismatik, khususnya bagi penganut ajaran iman. Seseorang menggunakan obat, berkonsultasi dengan dokter, mengadakan operasi dipandang tak beriman oleh penganut ajaran ini. Lepas dari perbedaan diantara bermacam-macam kubu, hamba-hamba Tuhan ini merupakan instrumen dalam mewujudkan gereja-gereja yang menerapkan prinsip-prinsip Alkitabiah seperti: Iman yang beri menang, Kelimpahan Berkat; Iman Kesembuhan; Kuasa Firman, keharusan pengakuan Positif. Mereka telah menulis ratusan buku dan membuat ribuan kaset mengungkapkan prinsip-prinsip rohani mengenai Prosperity, kesehatan dan kebahagiaan.

Persatuan Gereja
Ada banyak isyu datang diantara orang Kisten Karismatik. Diantaranya adalah sebagai berikut:
- Pertentangan mengenai "Gereja Elektronik". Pertanyaan timbul dalam bagian mana peran TV Kristen dalam struktur gereja? Terlepas dari oposisi dari beberapa hamba Tuhan dan organisasi gereja, siaran TV Kristen memainkan rol penting dalam rencana Allah untuk gerejaNya pada generasi akhir.
- Persiapan dan penyempurnaan Tubuh Kristus akan lebih intensif pada tahun 1990-an. Sebab pada waktu yang sama gereja akan masuk pada Baptisan Api, yaitu dibersihkan. Semua sekam dan karat akan dibersihkan sehingga tinggal gandum dan emas murni yang tersisa.
- Terdapat diskusi hangat antara Kaum Karismatik mengenai hubungan Israel alamiah (Yahudi) dan gereja. Apakah akan ada grup orang percaya Yahudi yang mengembangkan pekerjaan Tuhan? Atau apakah akan ada satu tubuh gabungan laskar Tuhan?
Pada tahun 1990-an Tuhan akan mengadakan pencelikan mata yang akan menyanggupkan setiap orang percaya sejati untuk datang kepada persatuan iman. Tentunya banyak rahasia akan diungkapkan seperti waktu pengangkatan gereja (rapture), dan klimaks Zaman Akhir.
Selanjutnya akan ada suatu peristiwa besar yang akan mengakibatkan kegairahan besar terjadi dalam gereja Tuhan yaitu munculnya suatu pemulihan penuh dalam gereja dan diantara Kaum Injili (Evangelical dan karismatik. Pemulihan tersebut berupa penggenapan doa Tuhan Yesus dalam Yohanes pasal 17 - PERSATUAN GEREJA). Sebagian hanya menyaksikan persatuan tersebut dengan memperkuat persekutuannya sendiri dalam groupnya sendiri seperti Karismatik, Pantekosta, Injili, dan lain-lain. Dan yang lain takut berkompromi sehingga mereka tinggal di pojok kecil mereka dalam Kerajaan Allah dan menolak mengalir bersama dengan keseluruhan Tubuh Kristus. Ada dua pengaruh besar disaman akhir ini. Pertama, gerakan murni dari Roh Kudus. Dan kedua pemalsuan yang dilancar oleh roh anti Kris, waspadalah !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar